Posted in persahabatan

Saling Nasehat-menasehati

Dalam dunia super hedonis seperti sekarang ini, saya rasa sulit menemukan teman2 yang saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran… (Q.S Al Ashr). Dan alangkah beruntungnya apabila kita menemukan teman2 seperti itu di dunia ini… Salah satu golongan orang yang dilindungi Allah dalam naungan-Nya adalah, “dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula” sebagaimana hadist Rasulullah SAW sebagaimana berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Tujuh orang yang akan dilindungi Allah dalam naungan-Nya yaitu: Imam  (pemimpin) yang adil; pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah pada Allah; orang yang hatinya selalu terikat pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula; seorang lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah’; orang yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya; dan seorang yang berdzikir kepada Allah sendirian lalu menitikkan airmatanya.” (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam mengingatkan: “Perumpamaan teman yang shaleh dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap.” (HR. Bukhari & Muslim).

Continue reading “Saling Nasehat-menasehati”

Advertisements
Posted in Uncategorized

My Close Friend

Saya pny seorang temen deket di kantor, bisa dikatakan sahabat.

Entah gmn ceritanya. kami deket aja gitu… *seperti layaknya saya dan sahabat2 saya yg laennya..

ehem, tentu si intovert ini harus dipancing2 dulu dalam bergaul.. hahaha..

dan ternyata aku dan si sobat ini cocok… wondering? yeah.. 😀

Karena sama2 single, kami suka banget jalan bareng. Nyoba2 kuliner bareng, atau temenin ke sana kemarih. Berduaan. Just the two of us. atau kadang ajak temen yg laen jg.

Sebenernya kami berempat, dalam kelompok yg bernama nyenyes.tapi berhubung dua nyenyes lainnya sudah pindah area, bahkan satu pindah pulau, jadi kami tinggal berdua.

Agama kami beda. tapi kami saling protect. Saling terbuka. Aku tau kapan jadwal dia ke gereja, dan dia tau kapan jadwal ngaji aku. Aku suka cerita tentang agamaku, dia juga. Tapi kami santai aja. saling menghormati. Tentu dengan tetap berpegang teguh dengan “Agamamu, agamamu, agamaku agamaku” Kami berhabluminannas dengan baik. Dan rasanya excited.

Aku belum pernah mempunyai temen deket yg berbeda agama sebelumnya. Tapi lewat dia aku nyaman aja. Setiap kali jalan bareng, selalu aja ada yang kami bicarain. kami ceritain. dari hal2 pribadi sampai ke hal2 yg umum. dia ku kenalin sama temen2ku di pengajian, dan kadang dia jg ajak aku ke rumah temennya. Kami sering kasih masukkan ttg hal2 pribadi dan hal2 kantor. Semua orang di kantor tau siapa kami, kalo kata temenku, kami ini besties.

Pernah jg aku anterin dia ke gereja, dan dia juga pernah nungguin aku solat di masjid.

Memang ada batasan2 dalam bergaul dengan berbeda agama. Aku gak pernah ucapin dia met natal dsb, aku yakin dia paham.

Terlepas dari itu, aku berdoa agar ia selalu dalam lindungan Alloh, Alloh kan maha pengasih dengan semua umat manusia. Aku berharap suatu hari nanti, Alloh akan memberinya hidayah akan manisnya Islam.. 🙂

*eh gak maksud masukkin dia ke Islam, aku yakin dia sdh dewasa dan bisa menentukan apa yang terbaik untuknya. tapi seperti persahabatan ku dengan sahabat2ku yg laen, alangkah indahnya jika kami bisa bersama2, tdk hanya di dunia fana ini.. aamiin… aamiin ya robbal alamiin….

Dia Aktif di salah satu organisasi kristen nasional, begitupun aku, bergabung bersama harakah islamiyah nasional.

yang membuat kami nyaman satu sama lain adalah keidealisan kami sih sbnrnya. Saya tau jalan pikiran dia dalam bekerja, dan dia tau jalan pikiran saya dalam bekerja. jadi ada banyak hal yg gak perlu dipertanyakan dan dibahas. Kasarnya udah ada pakemnya. Dia ingetin saya saat saya mulai jenuh dengan lingkungan di kantor, begitupun saya.

Walau bukan berarti pertemanan kami baik2 saja yah.. hahaha.. ada kalanya sih bete2an jg. Dia dgn darah bataknya, dan saya dgn darah sundanya. wajar. walo kami  berdua sama2 dibesarkan dalam kultur Ibu Kota Jakarta.

Saya berterima kasih kepada Alloh telah dikenalkan dengan dirinya, yang ada di saat jatuh bangun saya, terutama di tempat kerja saya sekarang dan diperantauan ini.. 🙂

Posted in Uncategorized

Curhat

Tetiba malam ini seorang sobat curhat sama aku, tentang sesuatu. Ah gak mo cerita. Pokoknya sesuatu lah.

Dan dia pusing. Tujuh keliling? mungkin. thowaf kali pake 7 keliling segala!

Aku tetiba ikutan bingung. Tapi aneh dong ya, masa gue yg dicurhatin gue nya ikutan bingung. Ah, apa kata dunia! bisa ancur dong kredibilitas gue sbg tukang sampah… haha

Ya udah, sementara aku minta dia tarik nafas pelan2 dan hembuskan pelan-pelan jg, aku ikutan dah tu tarik nafas dan hembuskan.

Aku berpikir, aku gak mo menjudge.

Aku mo menjadi sepatunya, alas kakinya, merasakan hal yg sama dengan yg dia rasakan, walo pastinya gakkan pernah sama…. Merasakan sakit hatinya, merasakan kebingungannya, merasakan pusingnya.

Ah sobat, sungguh indah menjadi seorang sahabat itu…. seakan2 sahabat kita bisa merasakan hal yang sama seperti yang kita rasakan. Padahal kepala dan hati kita berbeda.

*itu aja sih*

#postingan gak penting

"SAHABAT"
“SAHABAT”

Dan ku katakan padamu, bahwa semuanya akan baik2 saja.. bersama sahabat semua akan terasa ringan, bersama Alloh, semua akan baik2 saja… 🙂

Posted in Uncategorized

Keindahan Mahameru (1)

Banyak cerita saat menuju mahameru…

Secara pribadi, byk sekali hikmahnya. Saat sendirian. Saat benar2 menyerahkan raga dan jiwa kepada Sang Maha Menguasai Raga Dan Jiwa. Saat nafas terasa sangat sesak.

Memang aku sejak awal tidak ingin memaksakan apapun. Aku berjalan. Tapi tidak ngoyo. Nafas ku memang pendek2, aku byk istirahat. Aku pendaki karbitan tanpa ilmu, hanya berbekal ingin tahu dan merindu pada keagungan.

Tapi Alloh berikan aku lebih dari seluruh yg aku ingin tau sejak aku berangkat ke sana.

Persahabatan.

Persahabatan yang indah dan memang sudah indah sejak beberapa tahun dengan Diah Irma, terasa lebih indah lagi. Oh wahai kawan, alangkah sepinya duniaku tanpa hadirmu…. cara berpikirnya yang sering kali membuatku kewalahan, impiannya yang selalu persisten dan tidak tergoyahkan. Membuatku sering malu karena sifatku yang kekanak-kanakkan.

Pun saat ia berjalan di depanku, demi menggapai impiannya, dia menitipkan sesuatu yang sangat berharga buatku, tracking tool. Iya, sebuah tracking tool yang sangat mahal dan belum pernah dipakainya, diserahkannya begitu saja padaku. Untuk membantuku melalui jalan2 indah menuju puncak mahameru..

Indah, persahabatan yang Engkau berikan sungguh indah, kawan…

Selalu mengingatkan untuk makan saat aku merasa mual dan tidak karuan rasanya. Selalu menyemangati walau aku merasa aku sendiri sangat pesimis dan gagal.

Oh Tuhan, jagalah sahabat saya ini… Kirimkanlah seseorang yang sangat mencintaiMu untuk mencintainya dengan tulus dan indah dan jaga keduanya hingga surgaMu kelak. aamiin…

Demi Cinta, demi persahabatan, demi kebersamaan yang telah banyak kita lewati, kawan…. kamu saudariku, seiman, seperjuangan, sepenanggungan…. I just cant imagine my life without you. Yes, I still alive, but must be very boring.

Photo by Vj Lie
Photo by Vj Lie