Posted in Family, Kesehatan

VCO homemade

Udah lama sih ya sebenarnya liat proses VCO homemade seliweran di beranda FB. tapi belum tergugah aja minum beginian.

Ini bermula dari aku yang secara gak sengaja beli VCO waktu lagi dinas di semarang. Beli di Gelael, Mall Simpang Lima bareng sama temenku. Karena aku lagi berencana ikutan keto-fastiosis sih.

Apakah VCO itu, aku juga kurang paham. Cuma di keto itu amunisi wajibnya VCO sama teh hijau. Jadi ya beli aja padahal blm yakin mau ikutan keto.

Tapi sudah 2 minggu ini aku minum VCO (yg artinya aku jg udah 2minggu kf), yang aku rasakan sendiri manfaatnya. Kulit muka jadi lebih bersih, Berat badan turun dll. Jadi atas inisiatif dari suamiku, kami memutuskan mencoba membuat VCO sendiri. Aku sendiri mengkonsumsi VCO seminggu 250ml. Itu pernah beli yang mahal, pernah beli yang murah. Ya pada dasarnya sama aja selama VCO mah. Yang membedakan cuma proses penyarinngannya berapa kali aja kayaknya *cmiiw

Ok, aku sama pak suami beli santan kental di pasar. Karena baru percobaan pertama, kami belum mau beli banyak2 dulu.

Cara2 bikin VCO sendiri aku dapetin dari halamannya Kami Kongsi, page buatan orang malaysia tentang kesehatan modern gitu.

Nah, ini lah yang kami lakukan.

  1. Beli santan kental sebanyak 2 kelapa di pasar agung, depok 2, jawa barat
  2. Taroh di sebelah kulkas selama 24 jam (cari daerah yang hangat), biarkan santan berfermentasi *fermentasi dilakukan oleh bakteri baik
  3. Setelah itu masukkan ke dalam freezer selama 3-4 hari.
  4. Keluarkan dari freezer dan biarkan mencair
  5. Setelah itu akan tercipta 3 lapisan. Lapisan paling bawah, cairan itu dibuang aja. dan masukkan kembali sisanya ke dalam kulkas selama 2 jam
  6. Kemudian keluarkan dan cairkan kembali.
  7. Keluarkan cairan lagi kalo masih ada.
  8. Siapkan corong yang sudah disumpal kapas dan tissue (usahain tissue dapur, jgn pake tissue toilet!!)
  9. Setelah cair menyeluruh, masukkan ke dalam wadah
  10. Saring minyak tersebut dengan menggunakan corong
  11. Aku yang waktu itu gak punya corong, jadi aku bikin corong sendiri dari kepala aqua bekas yang gak kepake…kwkwkwkw
  12. biarkan minyak VCO keluar setetes demi setetes.
  13. Dari 2 kelapa ini, kami menghasilkan VCO kurleb 150ml. Kami tinggalkan seharian. *lumayan kan
  14. Btw harga santan 1 kelapa di sini 8rb rupiah

Kalau mau googling, manfaat VCO banyak banget dan ini bener2 obat natural. So, gak ada salahnya dicoba! 🙂 back to nature.

Ini potonya

vco

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s