Posted in Family, Program hamil

Program Hamil

Hah? Baru 3 bulan nikah udah program hamil? ya gitulah. Dari aku gadis dulu, sejak kuliah, siklus mentruasiku acak kadut. Bisa 2-3 bulan sekali. Udah pernah sih ngadep ke dokter, waktu itu dibilangnya masalah hormonal. Aku sudah bilang mama juga sih, bilang katanya ke dokter aja.

Pas aku kerja, di Jambi, aku baru mulai curious dengan keadaanku. Soalnya udah pegang uang sendiri, jadi lebih leluasa aja kali ya pas mo konsultasi ke dokternya. Dan diganti kantor juga sih, Alhamdulillah.

Waktu itu ke Rumah sakit khusus melahirkan, tapi aku gak sebut merk..๐Ÿ˜€ sebutlah Dokter A, perempuan. Dikasih obat cyclo progynova, ย Diminum setiap hari selama 30 hari, setelah habis selang beberapa hari dateng deh menstruasi. Sampe dua strip aku minum kemudian aku berhenti, pengen lihat apakah si mestruasi bisa normal di siklus ke-3,ternyata nggak. Aku ilfeel. Soalnya aku kan gak suka obat ya. Ini udah rajin minum obat, masih aja blm normal. #gak sabaran. hehehe

Kemudian beralih ke dokter R, di rumah sakit Islam, masih di Jambi. Sama si dokter itu disuruh test lab, yang mahal bangettttt (sejuta lebih)… tapi sayang hasil labnya gak aku simpen. Si Dokter cuma kasih obat cyclo lagi (LAGI???) aku males. Udah dikasih jadwal konsul, tapi akunya masih ogah gitu. Akhirnya terpaksa konsul lagi, eh malah kena ceramah. Si dokter ini emang terkenal suka pedes omongannya. huh, aku males lah.

Pas Mudik ke depok, aku sempetin ke hermina depok, di situ aku ditest dll, dan aku dicurigai PCOS. Tapi belum pasti karena untuk menentukan seseorang PCOS atau bukan, banyak sekali test yang harus dilakukan. Sedangkan aku masih gadis, jadi blm bisa dibilang PCOS atau bukan.

oke, aku masih terlalu muda untuk tau apa itu PCOS. haha. Tapi si dokter bilang gini, “nanti kalo nikah, langsung program hamil ya?” ya, I was very young saat itu, umur 24 kalo gak salah. YOUNG darimana? entah๐Ÿ˜€

Ulasan lengkap tentang PCOS bisa dilihat di sini. <– Bahasanya mudah mengerti.

Dan berhubung aku baru nikahnya umur 30 tahun, aku jadi tambah deg2an. Alhamdulillah seminggu nikah, suamiku langsung aku boyong ke Dokter Sofani, SPOG di RSย Mitra Keluarga Depok. Sebenarnya aku mau kasih tau dari saat ta’aruf masalah ku ini ke calon suami, karena aku gak mau kemudian suami setelah menikah dan merasa tertipu. Tapi waktu itu guru ngaji bilang, gak usah karena masih bisa diobati.

Di dalam ruangan dokter sofani, aku dan suamiku mendengarkan penjelasan tentang PCOS yang kemudian aku idap. Selepas dari ruangan, suamiku diam saja. Aku tau dia syok. Aku merasa bersalah. Kemudian aku tanya, “Maaf ya…”, dia bilang, “Alhamdulillah ‘ala kulli hal”. Masya Allah. Emang enak ya punya suami ngerti agama. Gak bikin pusing.

Oiya, dokter sofani ngasih aku profera untuk diminum selama 10 hari. Dan nyuruh ย aku test hormon, LH, FSH, Proklaktin, estradiol dan gula darah puasa di hari ke-3 menstruasi.

Hasil lab sudah ditangan dokter sofani seminggu kemudian, tanpa USG Transvaginal, dokter sofani keren bgt, dan kemudian saya resmi jadi pasien PCOS. LH nya terlalu tinggi, seharusnya FSH lebih tinggi daripada LH. Kemudian dokter sofani kasih 2 opsi, satu obat2an, itu ditempuh selama 6 bulan dengan resiko mual dan berat badan naik dan tentu saja belum tentu berhasil. Opsi kedua, adalah operasi LO (laparoscopy) dengan tindakan ovarian drilling. Dokter sofani menyarankan pilihan kedua, karena menurutnya lebih safe buat saya yang emang lagi dikejar umur (well, I am 30 menuju 31!). Oiya dokter sofani PUN memberikan saya cyclo progynova untuk diminum 3x siklus. #nocomment

Konsultasi ke suami, dan ternyata suami maunya alami dulu. ALhamdulillah. Maklum baru sebulan nikah. Suami saya ini luar biasa! Namun kami akan terus monitoring dan konsultasi ke dokter.

Saya coba cari second opinion ke Dokter Obgyn di R.S Hermina Depok, karena waktu itu saya buru2 maka pilihan jatuh pada dokter Endang yang memang jadwalnya praktek. Saya pilih beliau karena saya maunya dokter obgynt perempuan. Saya bawa hasil test lab saya ke beliau, dan dilakukan USG-T dan ternyata beliau tidak menyarankan saya operasi LO. Karena tingkat keberhasilannya juga “hanya” 80%. Sayapun diberikan primolut dan profertil. Saya diminta menurunkan berat badan sekitar 10%. Saya mulai rajin minum juice 3 diva dan minum obat vitex, royal jelly dan minyak ikan salmon. Eh tapi saya malah kemudian sakit DBD, mungkin karena kecapean harus bolak balik Jakarta- Palembang – Jambi – Jakarta dan asupan gizinya kurang, Maka saya berhenti diet. Atas ijin suami.

Sehabis DBD saya sembuh, saya sempat dikuret karena darah menstruasi nya sangat banyak sekali dan darahnya menggumpal2, takut ada apa2, sang dokterpun menyarankan dilakukan kuretasi untuk dilakukan diagnosa. Takutnya ditemukan kanker. Alhamdulillah hasilnya bagus, lagi2 hormonal saja. Pantesan aku suka labil ya, ternyata masalahnya di hormonal.๐Ÿ˜€

Ada cerita lucu sebelum saya terkena DBD, jadi sebelum di test darahnya badan saya pegal semua kan, terutama bagian pinggul, saya sudah PD saja kalau saya hamil sampai beli banyak test pack. Dan ada banyak tanda – tanda lain. Tapi ternyata netif… hehehe.. ternyata malah DBD.ย 

Saya lanjutkan ke dokter endang, sementara ke dokter endang dulu, padahal udah kangen sama dokter sofani sebenarnya. Dokter Endang kasih primolut dan profertil yang diminum di hari pertama haid selama 5 kali. Setelah itu dilakukan USG-T pada hari ke-12 ternyata sel telur saya kecil-kecil. Padahal suami udah siap2 terbang dari Jambi ke Jakarta, dan gak jadi. Sayapun diberikan lagi obat primolut dan profertil dengan dosis lebih tinggi. Hari ke-12 haid ternyata dokter endang cuti, maka saya dan suami inisatif mencari dokter lain yang dekat kantor. Teman kantor saya menyarankan untuk ke Rumah Sakit JMC (Jakarta Medical Center). Bertemu dengan Dr. Mariza, SPOG yang ternyata adalah temannya dokter sofani. Aduh dokter ini TOP banget., Aku suka. Orangnya ramah dan penjelasannya detail. Sama Dokter mariza aku diminta menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga. Karena katanya obat saja tidak bisa. Harus dibantu.

Suamipun sudah melakukan test sperma. Dan alhamdulillah hasilnya baik. Jadi sekarang harus benar2 fokus ke aku, walo suami tetep bilang, “Kita berjuang sama2”

Kali ini aku sudah benar2 niat. Pernikahan kami sudah menginjak bulan ke-3, aku sudah harus sangat serius dan fokus dengan promilku. Maka aku mulai mendesign promilku. Membuat menu makanan dan membuat daftar makan pantangan dll

Sebelum mulai promil, aku mau ketemu dokter nining dulu di RS.ย Hermina Depok. Dokter nining cukup terkenal di seantero dunia maya para ibu hamil.Ternyata benar, beliau sudah berumur, ramah, penjelasannya enak dan gak nakutin. Tapi tetap saja, sepertinya saya masih jatuh cinta pada dokter mariza. Dokter nining menyarankan saya ke dokter Marly di rumah sakit yang sama, karena dokter tersebut Sub Spesialis Fertilitas. Setelah konsultasi dengan suami, kami sepakat ke dokter marly. Tapi nunggu sebulan dulu, menunggu obat dari dokter mariza habis, yaitu Inlacin dan Cripsa. Dokter nining juga menyarankan saya untuk menurunkan berat badan. Dan dia benar2 bertanya, “Ibu bisa kan?” dan sayapun dengan mantap bilang, “insya allah sanggup”.

Saya pernah usil bilang, “Abang, kalo neng gak bisa sembuh, abang boleh kok poligami. Syar’i itu”, suamipun cuma meluk saya dan bilang, “Abang gak ada kepikiran ke sana.”

Penantian saya selama 30 tahun bertemu jodoh benar2 tidak sia2, saya bertemu dengan jodoh yang sesuai dengan pikiran , hati dan jiwa saya. Alhamdulillah.

Baby, sabar ya nak, ternyata kita belum bisa segera bertemu. Sama Allah masih disuruh sabar dan usaha dulu. Kami rindu sudah, nak. Sama2 harus sabar.

Bismillah nak, kami akan berusaha maksimal. Namun hak Allah lah akan kah kita bertemu atau tidak๐Ÿ™‚ Bismillah, ikhtiat terus.

Alhamdulillah ada banyak teman yang mensupport walo ada juga yang sempat bikin down, katanya lebay, baru 3 bulan nikah udah promil. Haduh, yang bilang lebay itu mungkin harus belajar menghargai keputusan oranglain. dan belajar PCOS itu apa. PCOS itu bisa hamil, tp harus treatment. Kalo tidak treatment maka kemungkinan hamilnya sangat kecil sekali. Nah kalo gitu kapan mau hamilnya? gitu loh. Bukannya kami ini lebay ya.. :p Anak itu kan salah satu pelengkap. Bukan tujuan lho. Pelengkap. Dan Salah satu sumber kebahagiaan,. Makanya harus diusahakan. Buktinya doa nabi Zakaria meminta keturunan saja sampai tertulis dalam Al Qur’an. Karena Allah tau, manusia itu akan senang jika punya anak.

Doa Nabi Zakaria memohon keturunan:

ุฑูŽุจู‘ู ู‡ูŽุจู’ ู„ู‰โ€ ู…ูู†ู’ ู„ูŽุฏูู†ู’ูƒูŽ ุฐูุฑููŠู‘ูŽุฉู‹ ุทูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู‹ ุงูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุณูŽู…ูŠุนู ุงู„ุฏู‘ูุนุงุก

โ€œYa Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doaโ€.QS. Ali โ€˜Imran [3]: 38.

ุฑูŽุจู‘ู ุฅูู†ู‘ููŠ ูˆูŽู‡ูŽู†ูŽ ุงู„ุนูŽุธู’ู…ู ู…ูู†ู‘ููŠ ูˆูŽุงุดู’ุชูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฃู’ุณู ุดูŽูŠู’ุจุงู‹ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽูƒูู†ู’ ุจูุฏูุนุงุฆููƒูŽ ุฑูŽุจู‘ู ุดูŽู‚ููŠู‘ุงู‹ * ูˆูŽุฅูู†ู‘ููŠ ุฎููู’ุชู ุงู„ู…ูŽูˆุงู„ููŠูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุฑุงุฆููŠ ูˆูŽูƒุงู†ูŽุชู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชููŠ ุนุงู‚ูุฑุงู‹ ููŽู‡ูŽุจู’ ู„ููŠ ู…ูู†ู’ ู„ูŽุฏูู†ู’ูƒูŽ ูˆูŽู„ููŠู‘ุงู‹ * ูŠูŽุฑูุซูู†ููŠ ูˆูŽูŠูŽุฑูุซู ู…ูู†ู’ ุขู„ู ูŠูŽุนู’ู‚ููˆุจูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุฑูŽุถููŠู‘ุงู‹

โ€œYa Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Yaโ€™qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridaiโ€.QS. Maryam [19]: 4 โ€“ 6.

ุฑูŽุจู‘ู ู„ุง ุชูŽุฐูŽุฑู’ู†ู‰ ููŽุฑู’ุฏุงู‹ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŠู’ุฑู ุงู„ูˆุงุฑูุซูŠู†ูŽ

โ€œYa Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baikโ€. QS. Al-Anbiyaโ€™ [21]: 89.

2 thoughts on “Program Hamil

  1. Semoga dilancarkan semuanya, selalu terharu kalau baca proses mendapatkan buah hati (saya jg nunggu 5 thn). Kalau Allah berkehendak tdk ada yg ngga mungkin๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s