Posted in finance, keuangan

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bukanlah merupakan keahlian saya. Saya pinter… ngabisin uang🙂 Well, do what we have to do.

So, belajar banget buat mengatur keuangan.

monthataglance

Pertama, Mencatat pengeluaran keuangan harian

Hal ini dilakukan setiap ujung hari, sengantuk apapun mata saya, ya usahain nulis pengeluaran hari itu untuk apa dan berapa.

Kedua, Membuat rencana keuangan, harian, bulanan dan tahunan.

Udah panjang daftar bill saya..😛 masih muda tp banyak hutang. aduh sesuatu bgtttt deh ya… tapi tenang, itu utang2 akan saya selesaikan dalam waktu sesingkat mungkin. Makanya perlu perencanaan.

Ketiga, Sembunyikan Kredit Card,

Oke, saya sadar bahwa akan lebih gak punya rasa bersalah saat menggesekkan kartu ketimbang saat mengeluarkan uang  fisik saat belanja. Rasa sakitnya beda. Makanya Cartu Credit saya yang memang gak ada bayaran bulanannya ini hanya akan saya gunakan pada saat beli tiket pesawat keluar negeri aja… ama booking hotelnya.. *ini sign. eh sabarr.. sabar..

Keempat, Membuat target tabungan

Misalnya saya pengen kebeli rumah tahun depan, artinya saya harus nyiapin DP sekian. makanya saya harus nabung berapa lama gitu ya. Atau misalnya saya pengen banget beli Oven listrik, maka saya harus menyisakan uang sekian.. dll

Kelima, Putar uang

Uang yang diam itu ibarat air yang diam, tidak menghasilkan apa2 dan apabila terlalu lama malah hanya akan menciptakan bau busuk. Oleh sebab itu uang harus diputar, mungkin belum bisa terlalu wah, minimal kecil2an… seperti beli emas, atau invest ke suatu usaha🙂

Keenam, Budgeting

Salah satu cara budgeting adalah dengan menggunakan amplop2 lucu yang diberi nama sesuai kegunaannya, Misalnya: Beli Bensin, Uang makan, Uang Cicilan Mobil, dll

Ketujuh, Belanja bulanan

Saya memang sudah terbiasa untuk membawa bekal harian. Karena saya merasa lebih higienis dan sesuai dengan selera. Makanya belanja bulanan ke pasar adalah sebuah keharusan. Dan setiap sebelum belanja sudah memiliki daftar belanjaannya terlebih dahulu. Hemat pangkal sehat🙂

Well, ide kreatif dalam membuat perencanaan keuangan bisa diliat disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s