Posted in finance, keuangan

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bukanlah merupakan keahlian saya. Saya pinter… ngabisin uang 🙂 Well, do what we have to do.

So, belajar banget buat mengatur keuangan.

monthataglance

Pertama, Mencatat pengeluaran keuangan harian

Hal ini dilakukan setiap ujung hari, sengantuk apapun mata saya, ya usahain nulis pengeluaran hari itu untuk apa dan berapa.

Kedua, Membuat rencana keuangan, harian, bulanan dan tahunan.

Udah panjang daftar bill saya.. 😛 masih muda tp banyak hutang. aduh sesuatu bgtttt deh ya… tapi tenang, itu utang2 akan saya selesaikan dalam waktu sesingkat mungkin. Makanya perlu perencanaan.

Ketiga, Sembunyikan Kredit Card,

Oke, saya sadar bahwa akan lebih gak punya rasa bersalah saat menggesekkan kartu ketimbang saat mengeluarkan uang  fisik saat belanja. Rasa sakitnya beda. Makanya Cartu Credit saya yang memang gak ada bayaran bulanannya ini hanya akan saya gunakan pada saat beli tiket pesawat keluar negeri aja… ama booking hotelnya.. *ini sign. eh sabarr.. sabar..

Continue reading “Mengatur Keuangan”

Posted in Manajemen

PDCA

Kata sebuah pepatah “Perencanaan yang baik adalah 50% dari sebuah keberhasilan”

Dan

“Tindakan tanpa sebuah perencanaan adalah seperti sebuah kapal yang tidak memiliki arah tujuan berlayar..”

Maka ada sebuah metode untuk membuat sebuah perencanaan, salah satunya adalah PDCA yaitu merupakan singkatan dari PLAN – DO – CHECK – ACTION.

PDCA

PLAN

Sebuah memulai sebuah tindakan, kita harus fokus terlebih dahulu apa yang menjadi GOAL / TARGET kita. Atau bahasa kerennya adalah apakah visi dan misinya.

Continue reading “PDCA”