Posted in persahabatan

Saling Nasehat-menasehati

Dalam dunia super hedonis seperti sekarang ini, saya rasa sulit menemukan teman2 yang saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran… (Q.S Al Ashr). Dan alangkah beruntungnya apabila kita menemukan teman2 seperti itu di dunia ini… Salah satu golongan orang yang dilindungi Allah dalam naungan-Nya adalah, “dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula” sebagaimana hadist Rasulullah SAW sebagaimana berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Tujuh orang yang akan dilindungi Allah dalam naungan-Nya yaitu: Imam  (pemimpin) yang adil; pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah pada Allah; orang yang hatinya selalu terikat pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula; seorang lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah’; orang yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya; dan seorang yang berdzikir kepada Allah sendirian lalu menitikkan airmatanya.” (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam mengingatkan: “Perumpamaan teman yang shaleh dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap.” (HR. Bukhari & Muslim).

As mention above… so… lihatlah teman2 dan sahabat dekatmu saat ini. Apakah kehadiran mereka sudah membuat dirimu semakin takut dan dekat denganNya atau sebaliknya. Karena jangan sampai kita masuk ke dalam bagian kisah berikut:

Ayat 28 dan 29 surat al-Furqan menjelaskan kisah kawan yang buruk di hari kiamat kelak. Disebutkan di ayat itu bahwa seseorang yang berada di neraka menyesali karena salah memilih sahabat dan mengatakan, “Andai saja aku tidak menjadikan si Polan itu sahabatku. Dia telah mencegahku dari mengikuti kebenaran yang sebenarnya telah sampai kepadaku.”

 Subhanallah!

so guys, hati2 dalam berteman dan bersahabat ya….

*terinspirasi dari seorang sahabat saya yang pada suatu obrolan kami, dia bilang… “kamu jangan menyerah gitu, kok kamu kayak gak punya Allah aja…” deg. saat itu saya sadar dengan sepenuhnya, dia adalah sahabat saya. Semoga Allah selalu jaga kamu, Sobat😉 Semoga Allah meridhoi semua impian dan harapanmu. aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s