Posted in Ibadah, Umrah

Umrah (Bagian: Persiapan Umrah)

Sudah dari tahun 2012 saya ingin sekali umrah. Saya dengan dua orang teman saya sudah merencanakannya tapi gak jadiiii muluuu…. Lebih karena jadwal kami yang belum cocok satu sama lain sih.  dan tentunya karena kesibukan juga.

Akhirnya pada tahun 2013, saya dan teman saya bertekad, apapun yang terjadi kami harus umrah tahun ini. karena kami gak mau dong bisa keluar negeri, tapi umrah aja gak mampu.. hehehe… tapi saya serahkan semua ke teman saya, karena teman saya posisinya di jakarta, dia lebih fleksibel juga jadwalnya. Cuma sesekali aja dia tanya2 ke saya minta persetujuan tentang jadwal, travel dll.

Dan baru dapat yang pas bulan November 2013. Dan terpaksa kami harus berangkat awal tahun 2014 karena saya gak mau bunuh diri pergi di akhir tahun. hehehe bisa2 saya kena keroyokkan orang banyak di kantor. Awalnya mau berangkat bulan januari, tapi karena ada promo di bulan februari dan cuma beda beberapa hari jadinya kami ambil yang bulan februari aja.

Yang harus diperhatikan sebelum berangkat umrah:

1. Keuangan, ada uangnya atau nggak???🙂 ini harus mateng. uang harus udah di tangan sebelum menentukan yang lainnya. Demi kelancaran ibadah juga. minimal udah ada hitungan kasar. hal ini juga menentukan travel apa yang akan kita pilih dikemudiannya. Disesuaikan dengan budget.

2. Pilih travel yang sesuai budget. tersedia dari $1.650 – $2.500. Survei travel bener2 terutama tentang track recordnya. Jangan sampai apa yang dijanjikan si travel dengan kenyataan di lapangan nanti beda. Yah kalopun beda jangan jauh2 amat…🙂 Banyak bertanya dengan teman2 dan saudara2 lainnya yang sudah pernah berangkat umrah. Dan bisa juga browsing via internet. tapi harus tetep disurvey ke lokasi kantornya loh.

3. Persiapan fisik. Karena ibadah ini akan banyak menggunakan fisik kita. Yang namanya thawaf, apalagi Sa’i itu lumayan banget fisiknya lho…. saya sempat dampingi ibu2 yang sudah cukup berumur. Karena ngeliat beliau ketinggalan rombongan.  saya saranin buat anak2 yang pada mau bayarin ibu2nya berangkat umrah tolong didampingi….. umrah itu lumayan berat🙂

4. Perbanyak ilmu tentang ibadah umrah. Mengenai rukunnya,  hal2 apa yang bisa membatalkan ibadah umrah dll.

5. Baca sirah nabawiyah sebelum berangkat. Jadi sudah ada gambaran mengenai perjuangan Dakwah Rasulullah baik di Madinah ataupun di  Mekkah

6. Kalo bisa, belajar bahasa Arab deh. Jadi sekalian bisa ngobrol sama sesama muslim yang menggunakan bahasa Arab dari seluruh dunia.

7. Selalu bawa tempat sendal kemana2, terutama pas mau masuk masjid nabawi dan masjid kakbah, karena emang sangat aman sekali. Dimasukkin ke dalam loker belum tentu aman soalnya.

8. Selalu bersama rombongan, minimal dua orang. apalagi cewek! ini benar2 sangat teramat penting! Kalao nyasar pun minimal nyasarnya berduaan🙂

9. Jangan lupa pas sampe hotel itu langsung minta kartu nama hotelnya. Jadi kalopun nyasar insyaAlloh tinggal nunjukkin ke orang lain untuk minta dianter ke hotel.

10.  Bikin Passpor jangan lupa yah🙂 kemarin persayaratan admn saya ke trravel itu: 1. Passpor (3 suku kata nama) yg masih berlaku 6 bln, 4 pas photo 4×6, Copy KK, Copy KTP dan surat surat meningitis dari kantor pelabuhan.

Yang paling penting adalah NIAT dan ikhtiarnya di poll-in. InsyaAlloh ada jalan.

Ingat, NIAT kita itu adalah untuk ibadah. Minta dilancarkan, dimudahkan, dirahmati dan diridhoi oleh Alloh SWT. Agar setelah kembali dari Tanah Suci kita menjadi muslim / muslimah yang lebih baik saat kembali ke tanah air. Dan  kalopun kita meninggal di sana, semoga khusul khotimah. aamiin YRA.

Selamat menunaikan Ibadah umrah dan bersiaplah untuk semua kejutannya🙂 Barokallah.

Semoga ibadah umrah kita diterima oleh Alloh SWT… dan menjadi memperberat amalan kebaikan kita kelak di Yaumul Akhir. Aamiin…

Ini Ibadah, bukan hanya sekadar perjalanan…

One thought on “Umrah (Bagian: Persiapan Umrah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s