Posted in persahabatan

Saling Nasehat-menasehati

Dalam dunia super hedonis seperti sekarang ini, saya rasa sulit menemukan teman2 yang saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran… (Q.S Al Ashr). Dan alangkah beruntungnya apabila kita menemukan teman2 seperti itu di dunia ini… Salah satu golongan orang yang dilindungi Allah dalam naungan-Nya adalah, “dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula” sebagaimana hadist Rasulullah SAW sebagaimana berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ” Tujuh orang yang akan dilindungi Allah dalam naungan-Nya yaitu: Imam  (pemimpin) yang adil; pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah pada Allah; orang yang hatinya selalu terikat pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah pula; seorang lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah’; orang yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya; dan seorang yang berdzikir kepada Allah sendirian lalu menitikkan airmatanya.” (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam mengingatkan: “Perumpamaan teman yang shaleh dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap.” (HR. Bukhari & Muslim).

Continue reading “Saling Nasehat-menasehati”

Advertisements
Posted in Ibadah

Perfect Illusion

Hari ini saya dapat baca juz 21, dan baca artinya sekalian. Juz 21 ini membahas banyak hal, terutama tentang tauhid. hebaddddddddddddd sekali. Banyak sekali kata2 yang menohok saya.

Perfect Illusion. Sungguh dunia itu benar2 ilusi yang sangat sempurna. Kita manusia memang punya sifat lupa. dan Dunia sungguh melenakan. Hati-hati,….

QS Al-Ankabut: 64

“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui…”

Subhanallah… MasyaAlloh…

Continue reading “Perfect Illusion”

Posted in Ibadah, Umrah

Umrah (Bagian: Makkah Al Mukarommah)

Akhirnya hari yang dinanti-nanti tiba… aku deg2an dan salah tingkah banget. Ini mau ketemu kakbah loh??? IYA! Mau ketemu kakbah yang selama ini cuma ada di kaligrafi atau poto2 aja…. masyaAlloh. luar biasa ini deg2annya.

Perjalanan dari Madinah ke Mekkah memakan waktu sekitar 5-6 jam. Sebelumnya kita mengambil miqot dulu di Bir Ali. Dalam keadaan ihram itulah kita niat Umrah dengan membaca doa niat Umrah “Allahumma Umrah”, kemudian selama dalam perjalanan itu kami membaca bacaan talbiyah sepanjang jalan, Labaik Allahumma Labaik… Labaikala syarikalaka Labaik… Innalhamda… Walni’mata… Lakawalmulk Laa Syarikalak…” terus menerus…

Ah, beberapa jam mendekati mekkah rasanya lutut saya benar2 bergetar…. ini mo liat kakbah yang sangat megah dan termahsyur itu…… yang tinggi dan mulia…  masyaAlloh

Pukul 21.00 kami sampai di Hotel di Mekkah. Kemudian kami langsung berjalan  kaki menuju Masjidil Haram…

Pintu Utama Masjidil Haram, dimana Kakbah ada di dalamnya
Pintu Utama Masjidil Haram, dimana Kakbah ada di dalamnya

Lalu…

kaki ini terus melaju… pelan… selangkah demi langkah…. dan deg… itulah kakbah… Kakbah yang mulia… yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail… yang dijaga dan dipelihara oleh para malaikat…

Masjidil Haram.. dengan Kakbah yang termahsyur dan mulia
Masjidil Haram.. dengan Kakbah yang termahsyur dan mulia

Aku saking gak bisa ngapa2in ya cuma diem aja gitu, ngintip2 kakbah sedikit2.. masyaAlloh… ini bener2 udah di depan mata kakbahnya dan aku terdiam… butuh waktu untuk menangis kemudian…. 😥

Kami kemudian tawaf dengan saling bergandengan…. suasana di sekitar kakbah lumayan padat. kami berjalan pelan2 sambil membaca-baca doa. Kemudian solat di maqom ibrahim dan melanjutkan dengan Sa’i.

Saya sangat menikmati sa’i saya… dari Bukit Shoffa ke Bukit Marwa… Dulu… Dulu…. ribuan tahun lalu… Seorang Siti Hawa berlari2 di antara dua bukit ini di siang hari bolong.. sendirian…. tak beralas kaki…. dengan batu-batu cadas, bolak-balik sebanyak 7 kali demi mencari air untuk Nabi Ismail kecil…. yang kemudian terpancarlah air zam zam yang tak pernah habis hingga sekarang Subhanallah…. tak terasa air mata menetes mengingat perjuanganmu Ibu… huhuhuhu….

Sayapun sangat menikmati saat saya mendampingi seorang Ibu selama Sa’i. Karena Ibu ini takut ketinggalan rombongan, beliau megangin mukena saya terus. Jadi langsung saya gandeng aja. Dan kami berduapun menikmati sa’i kami dengan syahdu… Indah sekali… telapak kaki rasanya sakit, tapi apa yang ada dalam hati…. rasanya indah sekali… Subhanallah… nikmat sekali… dan Sa’i diakhiri dengan berdoa di Bukit Marwah dan tahalul (Memotong sebagian rambut)

Alhamdulillah ibadah umrah pun selesai. Pukul 3 pagi kami kembali ke Hotel. Dan selama 4 hari di mekkah kami lebih banyak menghabiskan waktu di Masjidil Haram. Berangkat pukul 2 pagi, pulang selepas dhuha kemudian kembali lagi mendekati dzuhur kemudian makan siang dan kembali lagi sampai Sholat Isya. Rasanya seneng bgt.

Apalagi saya mendapatkan 2 orang sahabat baru, Mbak Shanty dan Mbak Rahmi. Kami bertiga sempat “berambisi” mencium hajar aswat sampai kami sadar kami telah membahayakan diri kami sendiri karena tergencet-gencet dengan orang2 gede2 dan tinggi2, dan akhirnya kami ikhlas…. belum berjodoh dengan hajar aswad. hehehe.. mungkin emang disuruh balik lagi. insyaAlloh… InsyaAlloh…

Selama di mekkah kami sempat juga city tour keliling kota. Melewati Goa Hiro, Padang Arrafah (Muzdalifah, Mina) yang cukup membuat kami tercengang. Pantas ya klo saudara kita ada yang lagi haji harus sering didoain, perjuangan haji itu masyaAlloh… luar biasa bangggeetttt! wong baru umrah aja fisik udah kena hajar terus…. apalagi haji yang harus bermalam di mina, lempar jumrah dan wukuf di Padang Arafah. Subhanallah!

Selama di mekkah kami thawaf beberapa kali. Sesering mungkin. hehehe.. Alhamdulillah sempet cium kakbah, cium rukun yamani dan menyentuh pintu kakbah. Luar biasa. Maka Nikmat yang mana lagi kah yang kamu dustakan?

Continue reading “Umrah (Bagian: Makkah Al Mukarommah)”

Posted in Ibadah, Umrah

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah
Jabal Rahmah

JB3

JB1

Terkesima aku saat melihatnya dari kejauhan. Dan membuatku ingin mendaki dan mencapai puncaknya.  Teringat sebuah kisah di masa lalu…. saat Adam dan Hawa terpisah selama 300 tahun lamanya, dan mereka bertemu di tempat ini…. Subhanallah…. Subhanallah…

Poto by: Mbak Santy dan Andry

Ini Ibadah, bukan hanya sekadar perjalanan…

Posted in Ibadah, Umrah

Umrah (Bagian: Persiapan Umrah)

Sudah dari tahun 2012 saya ingin sekali umrah. Saya dengan dua orang teman saya sudah merencanakannya tapi gak jadiiii muluuu…. Lebih karena jadwal kami yang belum cocok satu sama lain sih.  dan tentunya karena kesibukan juga.

Akhirnya pada tahun 2013, saya dan teman saya bertekad, apapun yang terjadi kami harus umrah tahun ini. karena kami gak mau dong bisa keluar negeri, tapi umrah aja gak mampu.. hehehe… tapi saya serahkan semua ke teman saya, karena teman saya posisinya di jakarta, dia lebih fleksibel juga jadwalnya. Cuma sesekali aja dia tanya2 ke saya minta persetujuan tentang jadwal, travel dll.

Dan baru dapat yang pas bulan November 2013. Dan terpaksa kami harus berangkat awal tahun 2014 karena saya gak mau bunuh diri pergi di akhir tahun. hehehe bisa2 saya kena keroyokkan orang banyak di kantor. Awalnya mau berangkat bulan januari, tapi karena ada promo di bulan februari dan cuma beda beberapa hari jadinya kami ambil yang bulan februari aja.

Yang harus diperhatikan sebelum berangkat umrah:

1. Keuangan, ada uangnya atau nggak??? 🙂 ini harus mateng. uang harus udah di tangan sebelum menentukan yang lainnya. Demi kelancaran ibadah juga. minimal udah ada hitungan kasar. hal ini juga menentukan travel apa yang akan kita pilih dikemudiannya. Disesuaikan dengan budget.

2. Pilih travel yang sesuai budget. tersedia dari $1.650 – $2.500. Survei travel bener2 terutama tentang track recordnya. Jangan sampai apa yang dijanjikan si travel dengan kenyataan di lapangan nanti beda. Yah kalopun beda jangan jauh2 amat… 🙂 Banyak bertanya dengan teman2 dan saudara2 lainnya yang sudah pernah berangkat umrah. Dan bisa juga browsing via internet. tapi harus tetep disurvey ke lokasi kantornya loh.

3. Persiapan fisik. Karena ibadah ini akan banyak menggunakan fisik kita. Yang namanya thawaf, apalagi Sa’i itu lumayan banget fisiknya lho…. saya sempat dampingi ibu2 yang sudah cukup berumur. Karena ngeliat beliau ketinggalan rombongan.  saya saranin buat anak2 yang pada mau bayarin ibu2nya berangkat umrah tolong didampingi….. umrah itu lumayan berat 🙂

4. Perbanyak ilmu tentang ibadah umrah. Mengenai rukunnya,  hal2 apa yang bisa membatalkan ibadah umrah dll.

5. Baca sirah nabawiyah sebelum berangkat. Jadi sudah ada gambaran mengenai perjuangan Dakwah Rasulullah baik di Madinah ataupun di  Mekkah

6. Kalo bisa, belajar bahasa Arab deh. Jadi sekalian bisa ngobrol sama sesama muslim yang menggunakan bahasa Arab dari seluruh dunia.

7. Selalu bawa tempat sendal kemana2, terutama pas mau masuk masjid nabawi dan masjid kakbah, karena emang sangat aman sekali. Dimasukkin ke dalam loker belum tentu aman soalnya.

Continue reading “Umrah (Bagian: Persiapan Umrah)”

Posted in Ibadah, Umrah

Umrah (Bagian Madinah Al Munawaroh)

Alhamdulillahirrobbil alamiin… sujud syukur… Alhamdulillah..

Perjalanan umrah tahun ini adalah perjalanan tergila saya setelah mendaki Gunung Semeru. Alhamdulillah. Dibantu seorang teman buat urus segala administrasinya, jadilah tanggal 02 Februari 2014, kami rombongan berjumlah 50 orang berangkat dari Indonesia menuju Kingdom of Saudi Arabia. Jadwal perjalanan kami adalah tanggal 02-10 Februari 2014.

Saya Bagi tulisan perjalanan umrah saya menjadi 3 bagian:

1. Persiapan Umrah

2. Madinah Al Munawaroh

3. Makkah Al Mukarommah

(tapi tulisan tidak berurut ya, tergantung mood aja yang mana duluan mo ditulis.. hehe)

Setelah dari Bandara Jeddahh kami langsung ke Kota Madinah Al Munawaroh terlebih dahulu. Kota ini yang sangat cantik, aman dan nyaman selama 3 hari. Alhamdulillah…. Masjid Nabawi benar2 memukau saya. Subhnallah

Di Kota Madinah kami tinggal di Hotel Mukhtara International. Mungkin ini Hotel Bintang 3 yah. Nyamannn bgt kamarnya. Kalau untuk menu makan nya sih standar yah. Tapi Hotelnya nyaman banget. OB nya juga baik2. Lokasi dekat dengan Masjid Nabawi yang luar biasa indahnya itu.

Sampai di Hotel sudah sore banget. Jadi ngejar solat Maghrib tergopoh-gopoh dan dapetnya di pelataran. Aku syok juga yah, ini jama’ahnya banyak bgtttttt! Akhirnya pas solat isya masuk ke dalam nyari tempat yang lebih nyaman. Tapi tetep aja gak dapet. Cuma dapet di pinggir2 gitu. Abis Isya kita ikutan ke Raudhoh. Sebelum masuk Raudhoh kita dibagi2 per region. Karena Tulisan “Indonesia” nggak ada, jadi kami masuk ke “Malaysia” 😀 Ngantri masuknya. harus sabarrrr banget. Ada banyak orang2 yg maksa masuk duluan, khususnya orang Turki, dan kena marah askar (penjaga yang berpakaian hitam2 dan bercadar). Jujur sih selama di Madinah masih kurang tercipta harmonisasi diriku dengan jama’ah dari negara lain. Mereka itu kurang bisa bahasa Inggris, gak bisa juga bahasa Arab. Mati deh. Jadi lebih sering pake bahasa isyarat. Awal2 sih syok ya dengan kultur yang berbeda. Orang Turki yg kasarnya… @_@ awal2 masih suka kesel aku. ya gmn nggak. kita udah duduk rapih, dia main duduk depan kita gt. bikin shaff sendiri. *Halah*

Eh tapi karena saya merasakan sedikit diskriminasi karena terlalu menunggu lama “melayu” dipanggil, pas terakhir ke raudhoh saya nyempil aja sama temen saya, langsung masuk ke raudhoh bersama rombongan turki dan lain-lain. Gak kena marah. Alhamdulillah. maafin ya ibu2 askar…. kalo inget ibu2 askar Arab, saya ingetnya waktu mereka bilang.. “Ibu… Ibu… duduk Ibu… duduk” dengan medok jawa gitu. lucu aksennya.

Continue reading “Umrah (Bagian Madinah Al Munawaroh)”