Posted in Uncategorized

5R, konsep simpel dan keren.

Tentunya kita udah byk banget denger tentang yg satu ini, 5R yang disadur dari 5S nya punya orang Jepang.

Kalau versi indonesianya, 5R itu adalah:

1. Ringkas

2. Rapi

3. Resik

4. Rawat

5. Rajin

Sepele banget kan yang namanya membuang barang2 yg gak perlu? sepele banget kan meletakkan kembali barang yg telah digunakan kembali ke tempatnya??? yap, semua ini adalah masalah sepele, yang sayangnya sering disepele2ain…🙂
Ini semua berangkat dari sini. Dan karena 5R menjadi bagian dari O.P.I, jadilah kami berjuang untuk melaksanakan OPI ini.

Dan saya merasa, alangkah ironinya, kalau saya sbg anggota O.P.I pada workstream MI, kalau saya sendiri tidak melaksanakan 5R pada diri saya sendiri dulu, baru kemudian saya bisa ceritakan / menginstruksikan pada orang lain? *terbayang rumah saya yang disapu dan pel cuma seminggu sekali, meja kerja yang sering bgt berantakannya dibanding rapihnya.*

Well, Oke, saya ssenengggg bgt mengetahui konsep 5R, yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Selain dari diklat, saya juga rajin browsing di youtube dan artikel2 di internet.

Pertama, Ringkas.

Saya harus membuang barang2 yang sudah tidak berfungsi. memisahkan barang2 yang  masih berfungsi sesuai kategorinya. dan menyimpannya atau memberikannya pada orang laen kalau emang udah gak diperlukan.  Ini saya lakukan pada sepatu dan baju saya. Alhamdulillah udah berhasil memisahkan beberapa pasang sepatu dan beberapa untelan baju untuk disumbangin…🙂

Oiya, untuk piring juga perlu sih. Piring saya banyak, tapi rak nya kurang memadai. jadi membeli rak piring masuk ke dalam check list saya. sayangnya sampai saat ini saya belum menemukan rak piring yang sesuai harapan saya. Anyway, saya suka style minimalis.

Kedua, Rapi

Barang2 yang saya putuskan untuk stay di rumah saya, harus saya susun rapi. Pada tempatnya. sesuai kategori. dan setiap kali dipakai harus dikembalikan ke tempatnya semula. ini mungkin yang agak sulit. walau saya suka style minimalis. saya jg pecinta style amerika. filosofi saya, semakin berantakan, semakin baik..🙂 hehehehe. Saya suka gak betah kalo terlalu rapi. Akhirnya, untuk supaya saya gak terlalu menekan diri jg, style rapi saya terapkan untuk teras, ruang tamu, ruang nonton, ruang kamar tamu dan dapur. kamar saya??? tetap american style..🙂 saya suka meletakkan buku2 yang sedang saya baca tersebar di atas kasur… hihihi…

Untuk buku2 yang tidak sedang saya baca, saya membeli 2 rak gantung yang nempel di dinding. saya sukaaaaa banget. minimalis. keren. dan pastinya MURAH. saya beli di informa.

Ketiga, Resik

Ini semua sudah tau, berhubungan dengan sapu, kain pel, kain pembersih kaca dan sebagainya. selama ini saya menyapu dan mengepel rumah seminggu sekali, hanya di hari sabtu. dan ini harus diubah bukan…??? awalnya saya mencanangkan setiap hari. tapi saya agak kesulitan. dengan hobi begadang yang belakangan ini semakin menjadi…. saya suka grasak-grusuk di pagi hari. jadi saya memutuskan menyapu dan mengepel 2-3 kali dalam seminggu. Membersihkan kaca rumah dan sawang2 seminggu sekali.

Keempat dan kelima: rawat dan rajin

Ini intinya dalah istiqomah. bagaimana saya bisa mempertahankan ketiga step yang sebelumnya.

Dan ternyata, efeknya luar biasa. Saya jadi semakin betah di rumah… sangat. Saya jadi freak 5R. setiap kali liat kotor atau berantakan dikit, langsung ambil kain pel atau sapu…. SEMOGA SIH gak freak2 banget dan masih dalam tahap wajar.

Hal ini saya lakukan juga di kantor…

Gudang atau biasa saya sebut bengkel favourite saya dimana saya suka ngotak-ngatik dan ngebongkar radio, sudah saya sulap secara ajaib. 3 buah Meja komputer saya ganti menjadi 2 rak dan sebuah meja. Rak juga saya beli di informa, dengan 4 tingkat. Untuk rak pertama:

Tingkat pertama untuk segala macem kabel, entah itu kabel repeater, base, atau kabel LAN / kabel power.

Tingkat kedua untuk relay dan DS Switch

Tingkat ketiga untuk Radio Komunikasi dan Toolbox

Tingkat keempat untuk Laporan Bulanan Yantek yang jumlahnya selalu LUMAYAN.

Tingkat kelima untuk repeater.

Untuk Rak Kedua:

Tingkat pertama untuk segala macam antena

Tingkat kedua untuk ISR dan Logsheet UPD

Tingkat ketiga untuk Stock kertas A4

Tingkat keempat untuk macem2.

Tingkat kelima untuk panel genset dsb

Meja komputer saya pertahankan untuk setting radio.

So far, saya puas banget. Saya juga telah memasang label untuk setiap tingkat. Jadi harapannya Ketiga tahapan bisa selalu dilaksanakan dengan baik dan bengkel saya selalu ciaaamiiikkkk…🙂

5R: Konsep yang simpel dan keren.

Maaf ya gak ada potonya. mungkin menyusul. tapi gak janji sih..🙂

Leave a Reply

