Posted in Uncategorized

O.P.I Yess Yess Yess!

Selama 3 hari kemarin, kami mengikuti Kegiatan Diklat OPI di Udiklat Palembang. Kepanjangan dari OPI adalah Operation Performance Improvement. OPI merupakan sebuah tools / perangkat untuk meningkatkan kinerja, baik dari sisi performance, ataupun mind set. Semenjak Wilayah Operasi Sumatera bergabung dengan Wilayah Operasi Jawa dan Bali, jadi kami mulai mengaplikasikan OPI, yang didahului dengan Diklatnya.

OPI telah dilaksanakan di Jawa dan Bali dan sebagian Sumatera. Dan Kemarin Diklat OPI sudah sampe ke wave 3, yang diikuti oleh beberapa unit, yaitu Area Jambi, Area Meulaboh, Area Bukittinggi, Area Pematang Siantar, Sektor Bengkulu, Sektor Pandan, UPT Banda Aceh dan Area Pekanbaru.

Hari senin-nya sempet ketemuan sama Direktur Operasi Jawa, Bali dan Sumatera untuk Kick Off nya.

Tim OPI Area Jambi
Tim OPI Area Jambi bersama Dirop Jawa, Bali dan Sumatera

OPI itu sendiri dibagi menjadi beberapa work stream, yaitu:

1. Mindset, Capability And Leadership (disingkat MCL)

2. Management Infrastructure (MI)

dan

3. Technical System (TS)

Implementasi OPI memiliki 3 tahapan, yaitu:

1. Diagnose

2. Design

3. Deliver

Untuk masing2 tahapan, ada diklat / bootcamp nya. Yang kemarin itu kami baru bootcamp 1, jadi baru sampe tahap diagnose.

Selama diklat, ibaratnya kami diberikan pemahaman dan amunisi untuk melaksanakan tahapan diagnose tersebut. Dan materi dibagi per workstream yang diikuti oleh seluruh peserta yang mencapai 80-an.

Untuk TS, materinya GT&D (terdapat analisas OEE / Overall Equipment Effectiveness), Utilities Economics dan Lean Operation (Pembersihan limbah yang tidak diperlukan, yg menghambat pekerjaan).

Untuk MI, materinya Meeting Effectiveness (efektifitas dalam rapat), Performance Matric Setup (cascading KPI) dan Performance Management Diagnostic.

Untuk MCL, materinya MCL Assesment, Focus Group Discussion, Coaching For Sucess dan Teamwork Effectiveness.

Saya sendiri masuk ke workstream MI, bersama Vicky, Mas Yodha dan Sastra. Materi diberikan secara teori dan banyak gamesnya. Jadi diklatnya fun bgt. seru. banyak ketawa-ketiwinya.

Awalnya sih heran ya, kenapa distribusi, sektor dan UPT digabung..? secara itu bisnis proses yang berbeda. Tapi Alhamdulillah semuanya akhirnya bisa lebih dimengerti pas bagian presentasi dari setiap unit. Malah banyak hikmahnya dengan berbeda bisnis proses itu. Jadi kita bisa lebih mengerti proses bisnis perusahaan ini secara keseluruhan.

Sebagai tugas dari Boothcamp 1 kami diminta membuat time line selama 5 bulan, kami harus udah menjalankan semua proses Diagnose, untuk sampai ke proses Design di Bootcamp 2.

Sesuai dengan materi yang telah diberikan, kami harus sosialiasi OPI ke kalangan manajemen di unit kami dan ke rayon2, kemudian melaksanakan survei EMI (Employee Mindset Index), menganalisanya. Melaksanakan FGD, OME, dan yang gak kalah penting adalah melaksanakan Quickwin yang telah dicanangkan. Quickwin adalah program unggulan yang skala kecil, tidak perlu tahap diagnose tapi memiliki dampak yang cukup significant.

Mempresentasikan Keadaan sekarang dan harapan kami di perusahaan ini. Ini saya.. :D
Mempresentasikan Keadaan sekarang dan harapan kami di perusahaan ini. Ini saya..😀 #narsis detected
"Suasanan Lembur ngerjain presentasi"
“Suasana Lembur ngerjain presentasi”

Coretan-coretan saya saat presentasi GT&D di pembangkitan.. hihihi, berhubung gak ngerti, masih loading, jadi agak2 gak nyambung:

mujahadah

ngantuk

Semoga tools OPI bisa sukses dan lancar dilaksanakan sesuai dengan tujuannya..🙂 aamiin…

OPI!!!!

YES

YES

YES!!

3 thoughts on “O.P.I Yess Yess Yess!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s