Posted in Uncategorized

Menampilkan PTT ID Pada motorola GP 338

Alhamdulillah akhirnya setelah bertanya sana sini dan sempat mati gaya karena buntu, saya berhasil menampilkan PTT-ID di Motorola GP 338 biasa (tanpa plus), tp klo GP 338 plus jg bisa.

Ok, langsung kita mulai pada tampilan menu GP 338.

Pada “Conventional Personality”, masukkan channel yang diinginkan.

Daftar channel

Contoh di atas terdapat 6 channel yang dimasukkan. Kemudian setiap channel dimasukkan TX dan RX yang diinginkan atau sesuai repeater yang ingin dikoneksikan beserta DPL / TPL nya jika ada.

Selanjutnya, kita masuk ke “Signaling”

Daftar menu signaling

Pada tampilan di atas kita pilih “MDC System” dengan meng-klik tanda “+” nya sehingga keluar pilihan “MDC System 1” dan “MDC System 2”.

Saya akan memilih masuk ke MDC System 1. Dengan tampilan sebagai berikut:

Menu MDC System – 1

Ok, sebenarnya apakah itu MDC 1200? Berdasarkan dari wikipedia.. MDC 1200 adalah Sistem data pensinyalan 2 arah pada radio motorola yang menggunakan kecepatan rendah dengan menggunakan baud data rate sebesar 1200. (sumber: sini)

Contoh di gambar atas, primary ID adalah 1116, group 0001, dengan PTT ID Type: Post (artinya PTT ID ditampilkan setelah tombol PTT ditekan).

Yang dimaksud dengan primary ID adalah ID dari HT itu sendiri sebagai identitas oleh HT lain saat koneksi / berhubungan.

Lalu kita masuk ke menu “Call”.

Menu Call

Pada Menu Call ini… kita pilih “MDC Call” dengan meng-klik tanda “+” di depannya atau dengan double klik pada tulisan “MDC Call”, sehingga tampil Caller ID yang masuk ke dalam Menu MDC Call:

Menu Call

Pada Menu Call ini kita isikan dengan ID HT yang saling berhubungan dengan pensinyalan MDC 1200 ini.

Contohnya saya pilih “Jambi 1”, Menu caller MDC 1200

Pada Tab “Basic”, terdapat kolom Alias, kita isikan alias yang digunakan sebagai PTT ID HT tersebut, yang tampil di HT lainnya saat HT ini mengudara / transmit. Di sini alias yang saya gunakan adalah “Jambi 1” yang artinya pemegang HT ini adalah orang dengan callsign Jambi 1.

Pada kolom personality alias, kita pilih personality yang digunakan. Kemudian pindah ke Tab “ID”, kita isikan Individual ID dari HT yang akan berhubungan itu.

Hal ini dilakukan pada semua HT yang saling berhubungan pada channel yang sama, dengan Indivual ID yang berbeda-beda.

Terakhir..

Pilih channel yang diinginkan di menu “Conventional Personality”, pada tab singnaling, kita pilih MDC-1 pada RX dan TX nya. (Di sini saya sempat membuat kesalahan dengan hanya memasukkan MDC-1 pada TX nya saja.*)

Jangan lupa, padaMenu “Personality assement to Zone”, kita pilih  Zone dan masukkan channel yang ingin digunakan pada HT tersebut.

Selanjutnya HT anda sudah dapat saling berhubungan dimana PTT-ID HT yang transmit akan tampil pada layar HT yang lainnya, sehingga dapat mengurangi penyalah gunaan HT karena identitas orang yang menggunakan HT dapat diketahui oleh pengguna lainnya.

Selamat mencoba.

*) Terima kasih kepada Pak Riel Hairudin atas koreksinya pada codeplug yang saya buat.

7 thoughts on “Menampilkan PTT ID Pada motorola GP 338

  1. Salam

    Saya ingin menampilkan ID di radio gp338, dan sudah mengikuti apa yang dituliskan diatas, tapi kok masih tidak bisa ya, boleh share dong step by stepnya via email saya, saya sangat membutuhkannya, terimakasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s