Posted in Uncategorized

Cara programming radio GM-GP 3188 dan GP 2000 (1)

Hmmm…

aku mo buat sebuah tutorial singkat untuk memprogram GM/GP 3188 (Base Station dan HT)  dan GP 2000 (HT), keduanya adalah merk Motorola. Kebetulan di kantor pakenya itu, jadi itu yang mau aku kupas tuntas di sini.

Okey, yang dibutuhkan untuk memprogram radio2 ini adalah:

1. Power supply / baterai (accu)

2. RIB (Radio Interface Box)

3. Komputer (PC / Laptop)

4. Program / spoftware CPS yang berbeda2 untuk masing2 radio.

4. pastinya radio itu sendiri…🙂

RIB (Radio Interface Box)

Semula aku sendiri sbg orang amatiran, sangat bingung sekali apa ini RIB, klo diliat dari RAB yang terdapai di Surat Perintah Kerja (SPK), RIB harganya 4 jutaan. Barang ini lah yang pertama kalinya ku samperin saat ke gudang, penasaran bgt. Ternyata RIB adalah sebuah kotak persegi panjang yang memiliki 6 kabel keluaran (merk Maxton), Dan ini nih yang namanya RIB:

Keterangan:

A.Ke serial port di komputer

B. Ke Power Supply (positif dan negatif / Merah dan hitam)

C. Ke port microphone pada HT

D. Ke RS 2303 pada base station

Sebagaimana keterangan di atas, fungsi RIB adalah interface antara radio ke komputer. Di sini lah aku sering mengalami kegagalan saat menghubungkan antara radio dan komputer, karena laptop sekarang ini kan jarang banget yang ada serial portnya, jadi saya sering pake sambungan usb-serial port, yang sering kali laptop gagal mendeteksinya.

Radio GM/GP 3188

GM 3188 adalah radio dengan jenis radio base atau base station yang sifatnya menetap / mobile (jika dipasang di mobil). Setelah menghubungkan radio ke powersupply, dan RIB ke powersupply, serial ke komputer dan RS2303 ke jack di radio, maka radio sudah menyala. Usahakan tegangan hanya sekitar 12-15 Volt. Kalau koneksi berhasil maka akan tampil seperti ini:

Apabila radio gagal koneksi, maka akan keluar tampilan berikut:

… to be continue

19 thoughts on “Cara programming radio GM-GP 3188 dan GP 2000 (1)

  1. saya memerlukan software untuk memprogram radio GP3188 milik saya, saya punya yang versi cps v1.0 tapi tidak bisa digunakan, tolong kalau anda punya sooftware yang saya maksud (cps r 05.09) bisa kirim ke e.mail saya. tapi kalau saya harus mengganti (beli), bagaimana caranya dan berapa harganya. makasih sebelumnya

  2. saya punya yang versi r01, tapi waktu saya coba gunakan untuk memprogram GP 3188 milik saya, tidak bisa. Saya konsultasi ke rekan, ternyata harus menggunakan yang versi 05.09, kalau saya ingin memiliki software tersebut, bagaimana caranya, tolong beritahu saya via email, termasuk apabila saya harus beli, berapa harganya. terima kasih.

  3. Mas, kalau GM3188 tidak bisa nyambung ke laptop pake usb dengan konverter usb ke rs 232 seting com di laptop sudah benar,tetapi bisa nyambung lewat PC solusinya gimana? agar bisa nyambung ke laptop, makasih.

    1. saya pernah punya masalah serupa dengan yang anda alami. karena tidak menemukan penyebabnya, dengan sangat terpaksa, saya mencari laptop jadul ( Pentium IV kebawah ) akhirnya saya mendapatkan laptop Pentium III yang sudah ada fasilitas Serial Port nya. Alhamdulillah, sekarang saya bisa memprogram HT maupun Mobile Radio dimanapun, tidak harus di Workshop.

  4. mas tolong kirim kan sofwer gp 2000 krn saya udah ada Cps R01.20 dan Cps R01.07 dan Cps R01.19 tdk bs membaca apa ada yg lain

  5. permisi… maaf saya pumya gp3188 mo beli kabel datanya… nah yang mo saya tanyakan untuk kabel merah dan hitam apakah wajib menggunakannya atau pada saat memprogram htnya sambil di charger.. mohon pencerahannya…

    1. Kalo saya sih selama ini kabel power selalu saya sambung ke PS 13 Volt. Tp kalo HT biasanya gak dikasih power jg gpp krn udh dapat dr komputernya lwt kabel data. Dicoba aja dulu

  6. gan…. saya nyari kabel data programing buat motorola gp 3188 dimana saya bisa beli yah….? skalian shofwer cpsnya…. saya kesulitan dapetinya…. mohon petunjuknya gan…

Leave a Reply

