Posted in Uncategorized

ngegembel = pasrah

Acara ngegembel kali ini adalah kedua kalinya untukku… pertama waktu tahun 2005, ngegembel bareng RASIS Semarang-Jogja, bertiga tanpa persiapan apa2 dan aku hanya jadi korban mereka… heuheuheu…

Dan Di akhir tahun 2009 ini, ide ngegembel muncul karena ada libur 4 hari, yaitu tgl 24-27… OMG…. panjang bener yak… dan aku males super males buat balik ke jawa…. a.k.a my hometown. Thinking punya thinking, Uni za ngajakin aku ke padang…. Sementara temenku ngajakin mudik bareng ke Jawa.

Aku memutuskan untuk ikut ke padang aja… hihihi… No reason. I just wanna feel another air of this earth… mgkn lagi jenuh jg kali yak…

Dan tiba2 rencana semakin keren karena banyak diskusi sama Elly, the queen of bekpeker *as long as I know. Dia ngasih banyak masukan tempat2 yg kudu ku kunjungi selama di padang… here and that… dan aku jg konsultasi ke seorang temen yg juga seniorku di kampus, yg saat itu di Padang.

Cuaca gak gitu bagus di tanggal 23 Desember 2009, bahkan padang sempat kena gempa klo berdasarkan data di USGS.GOV adalah sebesar 5,9 Sr. Ragu?? pasti… hehehe.. Seharusnya aku berangkat tgl 23 sore itu, tapi karena berkecamuk berbagai pikiran aneh dan ragu, aku pun mencoba menenangkan diri. Berpikir jernih. Kalo memang yang aku takuti adalah kematian, kenapa aku harus takut, bukankah kematian bisa terjadi dimanapun. Lagipula uni za dah kasih tau klo Padang aman2 aja. Sore itu akhirnya aku memesan travel menuju muara bungo, tempat uni za sekarang. Ternyata semua travel penuh. Akupun memesan untuk keesokan harinya, tgl 24 pagi.

Aku cm bawa beberapa kaos dan beberapa celana lapangan. Karena semua bajuku memang belom pada kering, termasuk semua rok. Hujan begitu rajin membasahi jambi beberapa hari terakhir. Aku pakai sendal jepit yang berbalutkan kaos kaki. Hmm.. keknya tampangku cukup meyakinkan untuk jadi backpacker… heuheuheu…

Travel menjemputku pukul 07.30 WIB, dan aku sampai di Muara Bungo pukul 14.00 WIB. Aku sempat istirahat sebentar di kos Uni Za. Setelah mengelilingi muara bungo dan makan soup yang hangat, kami meneruskan perjalanan naek travel ke padang pukul 20.00.

Sampai padang kami di sambut Merry, teman baik Uni, pukul 02.00 WIB. aku langsung terlelap tanpa basa-basi di kamarnya. heuheuheu…

Pukul 06.00 kami langsung berambur ke pantai di daerah tabing yang cm ditempuh jalan kaki sekitar 15 menit. Subhanallah.. aku tercengang. Can’t believe. I miss beach so much… hihi.. *jadi kek orang kampung baru ke kota. Cengok. Banyak perasaan yg gak bisa didefinisikan… ^^ Apalagi pantai ini benar2 masih perawan. Bersih. Sepi. Hanya Kami.

Pukul 09.00 kami langsung bersiap ke Bukittinggi… Memakan waktu 2 jam dari padang ke bukittinggi. Sampai sana jam 11 kami langsung ke Ngarai sianok, lubang jepang yang cukup menyeramkan (karena lampunya saat itu sedang mati), kebun binatang yang disebut Taman Marga Satwa Budaya Kinantan, setelah itu shalat dzuhur dan ashar dijamak di Masjid Raya, dilanjutkan perjalanan ke Jam Gadang….Saat di jam gadang, aku bertemu sahabat lamaku sewaktu kuliah dulu, Nadia Nofrima, I miss her, My room mate selama 2 tahun… hihihi.. tapi  kami gak bisa melepas kangen lama2 karena rima sedang bersama temannya dan rombonganku sendiri memutuskan untuk kembali ke padang saat langit semakin gelap.

Kami kembali ke padang pukul 06.oo dengan travel tranek. Rasanya kaki pegel2 bgt.. hehehe.. soalnya selama di bukittinggi, semuanya kami lakukan dengan jalan kaki..😀

Tgl 26 November, Merry ternyata ulang tahun ke-20. Merry orangnya sangat ceria sekali. dan bersamanya aku seperti sedang bersama seorang kawan lama. padahal kami berkenalan tidak lebih dari 2 x 24 jam. Aku dan Uni Za pagi2 pergi ke pantai dekat kost di tabing, jalan kaki, tanpa mandi dan masih menggunakan baju tidur. Merry tidak bisa ikut karena masuk kerja. Langit saat itu mendung. ternyata gerimis dan semakin deras. Aku dan Uni malah semakin menikmati… berlari-larian di pinggir pantai.. bermain-main dengan ombak di atas karang… dan kami juga masih sempet-sempetnya bernarsis2 ria… hihi.. di sini lah insident HP ku rusak…😀 *kemasukkan air

Sekitar jam 9, kami sudah rapi dan berangkat ke pasar raya, mencari kue untuk merry dan juga oleh-oleh. Sempat juga mampir ke Gramedia, Uni Za beli buku Negeri 5 Menara. Sepanjang perjalanan aku melihat bekas2 gempa tgl 30 September silam. Beberapa bangunan terlihat hancur, luruh, terbayang olehku apa yang terjadi di sore itu. Selepas ashar, kami beranjak ke Pantai Purus. Bertemu dengan Merry dan Abang Attiank, kawan baik Merry dan Uni Za. Sampai Sunset tiba, kami menyalakan lilin di kue ulang tahun merry. angka 20 terhias manis di gelapnya sore itu. Segerombolan pengamen pantaipun kami request untuk menyanyikan lagu ulang tahun ke merry. Mereka membawakan lagu Ulang Tahunnya Jamrud. She looks so happy. Ya, we are so happy. Barakallah, merry… ^^

Sampai di rumah pukul 9-an, karena kami mampir dulu ke butik kakak-nya Uni Za yang juga terletak di dekat pantai.

Hari ketiga, kami berempat, aku, Uni Za, Merry dan Mia (teman sekamar Merry yang baru saja tiba), nekad ke Padang Pariaman menggunakan kereta super ekonomi. Hehehe… Lagi2 tanpa mandi… karena stasiun memang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 5 menit. Perjalanan ke Pariaman sekitar 2 jam, kami berangkat pukul 07.00, harga tiket 5000. Benar-benar menyenangkan. Karena sepanjang perjalanan banyak sekali pemandangan menakjubkan, hamparan sawah yang luas dan hijau… Hmmm… Great..!!!

Pantai Gandoriah letaknya tepat di samping stasiun pariaman. Selepas turun dari kereta kami langsung berhambur ke pantai. Sangat ramai. Tidak seperti pantai di tabing yang masih sangat perawan (sepii sekali). Banyak keluarga yang sedang berlibur di sana. Aku dan Uni za bernarsis2 di atas batu2 pantai yang besar2 sementara merry dan mia berenang di pantai.

Pukul 11 kami pulang kembali menggunakan kereta yang sama, 2 jam sampai di padang. Travel menjemput Uni za ke muara bungo pukul 15.30. Sedangkan merry mengantarkan aku ke Poll Bus Jatra menuju Jambi pukul 18.30.

Pengalaman selama di bus adalah pengalaman yang tidak terlupakan… Bayangkan, aku akan berada di dalam Bus selama 12 jam. Dan HP ku mati. Dan terlebih, aku tidak tahu siapa yang akan ada di sampingku selama perjalanan. Tapi Subhanallah…. duduk di sampingku seorang mahasiswi IAIN Jambi, semester 5, namanya Susi. Dia mengambil fakultas Al Quran dan Filsafat. Hihihi.. AllahuAkbar… kami berdiskusi seru. Dan kami baru benar2 terlelap saat jam 10an. Sampai di Jambi seharusnya pukul 07.00. tapi karena ada jalan2 yang rusak, aku baru sampai di jambi jam 08.00. Dan aku memutuskan langsung ke kantor. Ingin sekali meminta ijin untuk keterlambatan ini pada bozku, well.. hey… HP ku kan mati..😀

Sampai di kantor, dengan sendal jepit, celana training, baju kaos dan tas super gede,…. hehehe…. pede bgt. dan aku langsung melaksanakan tugasku. Laporan penyulang, Laporan Trafo, dll… Luv it. Siangnya aku baru kembali ke kos… hanya untuk bersih2, ganti baju, dan kembali lagi ke kantor…

Perjalanan ini begitu berkesan di dalam hatiku… dimana aku benar2 menantang ketakutan2ku… memasrahkan semuanya pada takdir dan kepada Sang pemilik takdir… ^^

Uni Za, makasih dah nemenin aku…. capek ya nemenin aku… hihii.. aku sayang bgt sama uni…………. dan aku tau bgt, uni pun sangat sayang padaku… ^^

poto2 menyusul, menunggu kiriman Uni dan Merry… ^^ (kan hape ku gi rusak.. :p)

*keknya aku ketagihan bekpeker deh.. <– melirik2 tempat lain tuk dikunjungi.. hihihi

Pengeluaran:

Travel ke Bungo: Rp. 75.000

Travel ke Padang: Rp. 80.000

Travel ke Bukit Tinggi: Rp. 15000, klo PP jadi Rp. 30.000

Kereta PP ke Pariaman: Rp. 10.000

Bis ke Jambi: Rp. 115.000

Makan di sana standar, sekali makan Rp. 9000 – 10.000

2 thoughts on “ngegembel = pasrah

1. Nice info gan ^^ lanjutkan… weeeww…. tuh kan banyak pantai ga terkenal tp bagusss… fotonya dunkk mutt… aplott >.<

ada kreta ya di sumatra?? hoo i see.. boleh2.. masuk inceran bekpek ke barat ahhh ^^